Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Tinggi Negeri Tahun 2017

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 perihal Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 perihal Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016 perihal Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, dilakukan melalui: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. SBMPTN 2017 yaitu seleksi menurut hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (paper based testing) atau memakai komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia pusat.

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang bisa secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi sanggup mengajukan dana santunan biaya pendidikan Bidikmisi. 

Informasi SBMPTN 2017 meliputi: ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan Perguruan Tinggi Negeri serta aktivitas studi. Secara rinci, info lengkap mengenai SBMPTN 2017 sanggup dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Ketentuan Umum dan Persyaratan

1. Ketentuan Umum

SBMPTN 2017 merupakan seleksi yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi menurut hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau memakai komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

2. Persyaratan 
    Pendaftaran
  1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2015 dan 2016 harus mempunyai ijazah.
  2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2017 telah mempunyai Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijasah Paket C. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat info jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Peserta seleksi mempunyai kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di aktivitas studinya.
     Penerimaan
  • Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN 2017, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri penerima.

Prosedur Pendaftaran
  1. Pendaftaran SBMPTN 2017 dilakukan secara online. Tata cara registrasi secara lengkap sanggup dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  2. Tata cara pengisian borang registrasi ujian tertulis dan keterampilan sanggup diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id mulai tanggal 4 April 2017.
  3. Pendaftaran online Paper-Based Testing (PBT) dan Computer-Based Testing (CBT) dan dibuka dari tanggal 11 April 2017 pukul 08.00 WIB hingga dengan 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran online CBT akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi.
Jenis Ujian
Ujian Tertulis (PBT atau CBT)
     Materi Ujian Tertulis terdiri atas:
  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
Ujian Keterampilan

  Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peserta yang menentukan aktivitas studi bidang seni dan keolahragaan terdiri dari :
  1. Ujian Keterampilan seni rupa dengan mata uji tes menggambar, tes pengetahuan dan wawasan seni rupa.
  2. Ujian Keterampilan seni tari dengan mata uji tes tari bentuk, tes kreatifitas tari, tes imitasi gerak, serta tes pengetahuan dan wawasan seni tari (dalam bentuk wawancara).
  3. Ujian Keterampilan seni musik dengan mata uji tes musikalitas, tes praktik instrumen, serta tes pengetahuan dan wawasan seni musik (dalam bentuk wawancara).
  4. Ujian Keterampilan seni drama/teater dengan mata uji tes praktik monolog, tes pantomim, serta tes pengetahuan dan wawasan seni drama/teater (dalam bentuk wawancara)
  5. Ujian Keterampilan olahraga dengan mata uji tes kesehatan dan tes keterampilan motorik.
Peserta sanggup mengikuti Ujian Keterampilan di Perguruan Tinggi Negeri terdekat yang mempunyai aktivitas studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar Perguruan Tinggi Negeri penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap sanggup dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Kelompok Ujian
Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:
  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.
Setiap peserta sanggup mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran.

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan
  1. Program Studi yang ada di Perguruan Tinggi Negeri dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
  2. Peserta sanggup menentukan aktivitas studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) aktivitas studi dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Jika aktivitas studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
  • Jika aktivitas studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
  • Jika aktivitas studi yang dipilih terdiri dari kelompok Saintek dan Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.
  1. Urutan dalam pemilihan aktivitas studi menyatakan prioritas pilihan.
  2. Peserta ujian yang hanya menentukan 1 (satu) aktivitas studi sanggup menentukan aktivitas studi di Perguruan Tinggi Negeri manapun.
  3. Peserta ujian yang menentukan 2 (dua) atau 3 (tiga) aktivitas studi, salah satu aktivitas studi pilihannya harus di Perguruan Tinggi Negeri yang berada dalam satu wilayah registrasi dengan daerah peserta mengikuti ujian. Pilihan Program Studi yang lain sanggup di Perguruan Tinggi Negeri yang berada di luar wilayah registrasi daerah peserta mengikuti ujian.
  4. Daftar wilayah pendaftaran, aktivitas studi, daya tampung per Perguruan Tinggi Negeri tahun 2017, dan jumlah peminat aktivitas studi per Perguruan Tinggi Negeri tahun 2017 sanggup dilihat di lamanhttp://www.sbmptn.ac.id mulai tanggal 4 April 2017.
Biaya Seleksi Ujian Tertulis dan Keterampilan
  1. Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta yaitu sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah).
  2. Biaya seleksi sanggup dibayarkan melalui salah satu bank berikut: Bank Mandiri atau Bank BNI atau Bank BTN.
  3. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak sanggup ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Jadwal Ujian
Ujian Tertulis (PBT dan CBT) :
  • PBT dan CBT dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 16 Mei 2017
Ujian Keterampilan :
  • Ujian Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 17 dan/atau 18 Mei 2017
Pengumuman Hasil Seleksi
  • Hasil ujian akan diumumkan pada tanggal 13 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB dan sanggup diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id.
Peserta Pelamar Program Bidikmisi
  1. Calon peserta peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari mekanisme registrasi aktivitas Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  2. Calon peserta peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  3. Calon peserta peserta Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN 2017, tanpa harus membayar biaya seleksi.
  4. Calon peserta peserta Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMPTN 2017, sanggup memakai KAP dan PIN (yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti) untuk mendaftar SBMPTN 2017, tanpa harus membayar biaya seleksi.
  5. Calon peserta peserta Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN 2017 dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN 2017, maka calon peserta harus memperoleh KAP dan PIN gres melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Selanjutnya, calon peserta harus mendaftar SBMPTN 2017 melaluihttp://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan memakai KAP dan PIN gres untuk memperoleh slip pembayaran guna membayar biaya seleksi SBMPTN 2017 ke Bank Mandiri atau Bank BNI atau Bank BTN.
Laman Resmi dan Alamat Panitia Pusat
  1. Informasi resmi mengenai SBMPTN 2017 sanggup diakses melalui laman http://www.sbmptn.ac.id.
  2. Informasi resmi juga sanggup diakses melalui laman http://halo.sbmptn.ac.id, dan call center 0804 1 456 456.
  3. Alamat Panitia Pusat SBMPTN 2017:
          Gedung dr. Prakosa (Lt.2)
          Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret
          Jl. Ir. Sutami No 36A, Kentingan Surakarta 57126
          Telp. 0271-7890329, Fax. 0271-636268
          Email: panpus.snmptn.sbmptn@mail.uns.ac.idSegala perubahan ketentuan yang berkaitan 
          dengan pelaksanaan SBMPTN 2017 akan diinformasikan melalui laman:
           http://www.sbmptn.ac.id.

Lain-lain
Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2017 akan diinformasikan melalui laman http://www.sbmptn.ac.id.

Sekian dan terimakasih
Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Nitro Pdf Pro 10.5.1.17 Full Terbaru + Serial

Buku Guru Dan Siswa Tematik Kelas 3 Sd/Mi Semester 1 Dan 2 Edisi Revisi 2015

Buku Guru Dan Siswa Semua Mata Pelajaran Kelas X Sma/Ma/Smk/Mak Kurikulum 2013 Revisi 2016