Uji Coba Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (Ppkb-Gpai) Tahun 2017

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,


Bapak Ibu GPAI di seluruh Indonesia...sesuai gosip yang admin peroleh dari situs resmi Dirjen Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI bahwa Pelaksanaa Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB-GPAI) pada tahun 2017 akan di uji coba di 4 provinsi. Provinsi yang menjadi sasaran piloting PPKB-GPAI ialah Sulawesi Selatan. Selain Sulawesi Selatan 3 (tiga) provinsi lainnya yaitu DKI Jakarta, NTT, dan Kalteng juga direncanakan menjadi sasaran piloting dengan memakai anggaran yang tersedia pada Direktorat Pendidikan Agama Islam pusat. Piloting terbatas PPKB-GPAI tahun 2017 ini dibutuhkan sanggup memperlihatkan citra pelaksanaan PPKB-GPAI yang bahwasanya pada tahun 2018, dan sebagai uji coba terhadap aliran pelaksanaan penyelenggaraan PPKB-GPAI .

Berikut gosip lengkapnya;
Jakarta (Pendis) - Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB-GPAI) siap diujicobakan. Dalam acara konsinyering persiapan pelaksanaan uji coba (piloting) PPKB-GPAI Tahun 2017 di Hotel Grand Whiz Kelapa Gading Jakarta Utara, Tim Pengembang PPKB-GPAI bersama Pejabat Direktorat Pendidikan Agama Islam (Dit. PAI) mematangkan planning pelaksanaan uji coba PPKB-GPAI yang akan dilaksanakan tahun ini di 4 (empat) provinsi.

Penjelasan Tim Pengembang PPKB-GPAI mendapat respon yang sangat kasatmata dari administrator dan pejabat Dit. PAI lainnya yang hadir. Kegiatan piloting ini akan dilaksanakan pada tingkat provinsi; dimulai dari proses pendataan dan identifikasi guru Pendidikan Agama Islam (GPAI), bimbingan teknis dan pelaksanaan Penilaian Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PKG-GPAI), simulasi hasil penilaian yang menggambarkan kompetensi GPAI dan dijadikan sebagai dasar pelaksanaan PPKB, hingga pelaksanaan PPKB dan penilaian pelaksanaan piloting.

Dalam paparan yang disampaikan oleh Tim Pengembang kepada Direktorat Pendidikan Agama Islam tersebut terjadi proses tanya jawab yang sangat konstruktif terutama dalam bisnis proses pelaksanaan PPKB dengan proses pengiriman hasil PKG dengan memakai mode daring dan terusan data hasil PPKB oleh para stake holder. Meskipun mode daring yang dipergunakan hanya memanfaatkan google drive yang tidak berbayar tapi diyakini oleh tim akan bisa memfasilitasi (sementara) pengolahan, akses, dan penyimpanan data untuk kapasitas terbatas. Hal ini menjadi pilihan sebab belum tersedianya infrastruktur data yang memadai. Tentu saja kedepan dalam pelaksanaan yang bahwasanya akan dikembangkan infrastruktur data dan gosip yang lebih baik lagi yang direncanakan akan berhubungan dengan Education Management Information System(EMIS).

Direktur PAI dalam arahannya memberikan bahwa dengan telah tersusunnya aliran dan panduan pelaksanaan PPKB-GPAI dan akan dilaksanakannya uji coba, Dit. PAI optimis bahwa PPKB-GPAI akan sanggup dilaksanakan secara lebih luas di tahun 2018. Harapan Direktur PAI terhadap pelaksanaan PPKB-GPAI ialah meskipun bila di tahun 2018 belum sanggup dilaksanakan secara menyeluruh sebab ketersediaan anggaran direktorat yang terbatas, akan tetapi secara optimis ke depan agenda tersebut sanggup berjalan lancar dengan didukung anggaran yang lebih memadai sehingga pelaksanaannya sanggup dilakukan di seluruh provinsi seIndonesia.

Dalam acara konsinyering yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari (28 s/d 30 Juli 2017) tersebut, selain menyusun planning acara juga dilakukan pemetaan anggaran yang tersedia untuk piloting. Ditengah penghematan anggaran yang sedang dilakukan oleh pemerintah dan telah dilaksanakannya kegiatan-kegiatan pelatihan GPAI, Direktur PAI berharap piloting PPKB-GPAI sanggup diperluas tidak hanya pada 4 lokasi, dan bila mungkin dilaksanakan di seluruh provinsi meskipun tidak sanggup dilakukan secara sempurna, tentu saja dengan ketersediaan anggaran TA 2017 yang belum direalisasikan dan tidak terkena penghematan.

Provinsi yang menjadi sasaran piloting PPKB-GPAI ialah Sulawesi Selatan. Selain Sulawesi Selatan 3 (tiga) provinsi lainnya yaitu DKI Jakarta, NTT, dan Kalteng juga direncanakan menjadi sasaran piloting dengan memakai anggaran yang tersedia pada Direktorat Pendidikan Agama Islam pusat. Piloting terbatas PPKB-GPAI tahun 2017 ini dibutuhkan sanggup memperlihatkan citra pelaksanaan PPKB-GPAI yang bahwasanya pada tahun 2018, dan sebagai uji coba terhadap aliran pelaksanaan penyelenggaraan PPKB-GPAI. 

Demikian gosip ihwal Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB-GPAI) Tahun 2017.
Semoga bermanfaat
Wasalam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Nitro Pdf Pro 10.5.1.17 Full Terbaru + Serial

Buku Guru Dan Siswa Tematik Kelas 3 Sd/Mi Semester 1 Dan 2 Edisi Revisi 2015

Buku Guru Dan Siswa Semua Mata Pelajaran Kelas X Sma/Ma/Smk/Mak Kurikulum 2013 Revisi 2016