Berhijrah Itu Siap Menjadi Lebih Baik, Tapi Bukan Merasa Lebih Baik

Assalmu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

ONE DAY ONE HADIST,
29 Dzulhijjah 1438 H / 20 September 2017


Orang Yang Hijrah

٦٦٨٨ - حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا زَكَرِيَّا عَنِ الشَّعْبِيِّ قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرٍو يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ وَالْمُهَاجِرُ مَنْ هَجَرَ مَا نَهَى اللَّهُ عَنْه
6688. Telah menceritakan kepada kami Abu Nu'aim telah menceritakan kepada kami Zakaria dari Asy Sya'bi beliau berkata: saya mendengar Abdullah bin 'Amru berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seorang muslim yaitu bila kaum muslimin selamat dari kejahatan mulut dan tangannya, dan seorang muhajir yaitu orang yang meninggalkan apa-apa yang telah larang oleh Allah." (HR. Bukhori, Muslim, An Nasa'i, Abu Daud, Ahmad, dan Ibnu Majah)

Pelajaran dari Hadist:
1. Muslim sejati yaitu muslim memperlihatkan kenyamanan dan keselamatan bagi yang lain. Khusus bagi kaum muslimin di bersahabat atau yang jauh darinya. Keselamatan itu berupa:
     a. Keselamatan dari gangguan  mulut nya.
     b. Keselamatan dari gangguan tangannya.
2. Orang yang hijrah yaitu menhindarkan dirinya dari segala larangan Alloh dan tetap selalu dalam keta'atan kepada-Nya baik waktu bahagia dan duka, lapang dan sempit.
3. Dianjurkan untuk melaksanakan hijrah fisik kalau negeri yang ditempatinya tidak memperlihatkan rasa kondusif dan nyaman dlm ibadah dan mencari rezeki. Seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Shollallahu 'alaihi wasallam dan para  sahabat.
4. Hendaknya hijrah dilakukan pada daerah atau negeri yang banyak kaum muslimin. Yang siap menyambut dan memperlihatkan kesempatan beribadah dan mencari rezeki dengan nyaman. Sebagaimana penduduk Yastrib (Madinah) menyambut nabi dan para sahabat dengan antusias dan penuh persaudaraan. 
5. Hijrah tidak akan berkahir:

َلا تَنْقَطِعُ الْهِجْرَةُ حَتَّى تَنْقَطِعَ التَّوْبَةُ وَلَا تَنْقَطِعُ التَّوْبَةُ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا
Nabi bersabda: 'Hijrah tak bakalan berhenti hingga taubat berhenti. Dan taubat tidak berhenti hingga matahari terbit dari arah barat. (HR. Imam Ahmad, dari Mu'awiyah)

6. Orang yg wafat sebelum hingga ke daerah hijrahnya pahalanya tetap Alloh tanggung.

Tema Quran berkaitan dengan Hadist:

وَمَن يُهَاجِرْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يَجِدْ فِي الْأَرْضِ مُرَاغَمًا كَثِيرًا وَسَعَةً ۚ وَمَن يَخْرُجْ مِن بَيْتِهِ مُهَاجِرًا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا} [النساء : 100]

Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, pasti mereka mendapati di muka bumi ini daerah hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian maut menimpanya (sebelum hingga ke daerah yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan yaitu Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS. An Nisa':100)

Selamat Tahun Baru Islam 1439 H

Semoga kita sanggup hijrah kepada yang lebh baik lagi. Dan ketaatan kepada Alloh semakin meningkat.

تَقَبَّلَ اللَّهُ أَعْماَلناَ وَأَعْماَلَكُم كُلَّ عَامٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْر

Akhukum Fillah,
Robi Kurniawan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Nitro Pdf Pro 10.5.1.17 Full Terbaru + Serial

Buku Guru Dan Siswa Tematik Kelas 3 Sd/Mi Semester 1 Dan 2 Edisi Revisi 2015

Buku Guru Dan Siswa Semua Mata Pelajaran Kelas X Sma/Ma/Smk/Mak Kurikulum 2013 Revisi 2016